Aturan Penggunaan Toilet Umum di Indonesia



Quote:


Hai Gan Sis!
Balik lagi sama aku, duha14 ! 

Kali ini aku bakal sharing sedikit cerita tentang toilet umum yang sering kugunakan diberbagai tempat dikala membutuhkan. Yah toilet umum memang tersebar penyebarannya. Ada yang di bandara, stasiun, terminal, bahkan di tempat perbelanjaan seperti mall ataupun pasar. Yah dimana-mana ada, namun dari setiap tempat tersebut pasti berbeda tergantung di lokasi mana gan sis menemukannya. 

So pasti, yang paling bagus yang kutemui di bandara. Lebih terawat fasilitasnya, wangi, dan tidak kotor pastinya. Nyaman? Berlama-lama juga betah bung disitu! 
Tapi ya aku ga sedikit menemui banyak tempat yang berkebalikan dari toielt umum yang kutemui di bandara. 
Kotor? Iya, ga terawat? Dibumbui beberapa ekor kecoa malah. 

Nah setelah beberapa kali menggunakan toilet umum di berbagai tempat. Ada beberapa hal yang kusadari yang menjadi aturan "tidak tertulis" penggunaan toilet umum oleh orang Indonesia. Ya mungkin jika ada yang tidak merasa seperti yang kusebutkan, yaudahlah ya...
 
And please, Enjoy!I

Aturan Pertama Jongkoklah di Toilet Duduk


Kebanyakan orang Indonesia menggunakan teknik jongkok dalam membuang hajatnya. Bahkan ini sudah seperti naluri alamiah, karna sebelum dilakukan sosialisasi pentingnya memiliki toilet di tiap rumah, banyak orang "berjongkok" untuk membuang hajatnya disembarang tempat, dan bukan sambil duduk. Bahkan ketika berjongkok pun rasa untuk mengeluarkan isi perut akan semakin bertambah. 
NAMUN walaupun hal tersebut merupakan budaya yang terbukti sehat, dan semacam budaya kebanyakan orang Indonesia, alangkah baiknya menggunakan toilet ini sesuai dengan bentuknya. Kalo toilet jongkok ya jangan duduk, kalo toilet duduk ya jangan jongkok. 

Bahkan sangking seringnya toilet duduk ini digunakan dengan teknik jongkok, peraturan yang di tempel di pintu toilet hampir semua berkata demikian,  nah jika belum pernah menggunakan toilet duduk, dibaca tuh peraturan! 

Dilarang tuh karna ada alasan ya gan sis. 
1. BAHAYA! 
Toilet duduk yang gan sis dudukin itu bisa pecah, dan terbelah dua, lalu pecahannya BISA NUSUK selangkangan gan sis yang lagi sial, mau liat? tuh di gambar. Mau liat korbannya? Ya ada sih, tapi nanti bukannya masuk lounge malah masuk Distrubing Picture lagi. Agan mau ga punya otong lagi? 
2. KOTOR! 
Yak! Kebanyakan orang yang jongkok di toilet duduk itu ga ngelepas sepatu atau sendalnya. dan itu bikin kotor dudukan toiletnya. Kasian yang menggunakan toilet selanjutnya euy! 

Solusinya?
Simpel. Cari aja toilet jongkok. Ada kok. Kecuali di mall tertentu yang memang seluruh toiletnya sudah menggunakan toilet duduk.

Aturan Kedua Jangan Buang Tisu di Tempat Sampah


Aku tau aku tau. 
Kebanyakan orang Indonesia cebok masih menggunakan air. Ya! aku juga gitu kok. Belum kayak bule yang menggunakan tisu untuk cebok. 

Tapi... 

Tisu bisa digunakan untuk mengeringkan sesuatu. Termasuk sisa sisa air yang menempel abis cebok. Nah aku juga menggunakan tisu untuk hal seperti itu. 
Biasanya, di bilik toilet terdapat tuh kotak sampah. Dan itu bisa digunakan untuk membuang sampah, termasuk tisu yang telah digunakan. Tapi lagi-lagi, aturan orang Indonesia itu buang sampah tidak pada tempatnya. Banyak banget aku temukan, termasuk di bandara, sisa-sisa tisu dibuang dilantai bilik, ataupun dibuang diatas tutup kotak sampah. 


Cupu banget buang sampah pada tempatnya aja ga bisa, jijik euy! 

Aturan Ketiga Disiram Hukumnya Sunah


Berlaku di toilet manapun dan jenis apapun. Banyak banget nih aku nemuin, ketika lagi mau boker khususnya. Kadangan ampas orang lain masih ada tuh pas diliatin. Yaela bikin ga mood buat boker kalo ngeliat masih ada ampas orang lain tuh.

Jika gan sis buru-buru, dan sehabis buang air kecil ataupun besar, inget ya untuk disiram tuh ampasnya. 

Kayak anak kecil aja ampasnya kudu disiramin. Norak! 


Nah itu dia tiga aturan umum yang biasa dilakukan orang Indonesia dari sudut pandangku. 

Apakah gan sis sering melakukan hal tersebut? Monggo dikomen jika gan sis punya tambahan aturan-aturan yang sering agan sista temui di toilet umum di Indonesia. 


Okey, Just It! 

Tulisan review duha14 bisa dibaca di blog review ais ya gan sis!

and yah, jangan lupa bintang 5 (Lima)nya gan sis! 


Source: Inspirasi di Toilet Umum

Gambar via Google Gambar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel