Revolusi Industry 4.0, Apakah kamu siap?

http://bit.ly/30VNHJL

...

http://bit.ly/30VNHJL

1024

1024

KASKUS

http://bit.ly/2WJNGpV

51

244

http://bit.ly/2W6OtAd

profile-picture
Aktivis Kaskus Posts: 572
Revolusi Industry 4.0, Apakah kamu siap?
  Pada awal peradaban, manusia menggunakan peralatan sederhana seadanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti kebutuhan makanan, tempat tinggal dan lain lain. Semakin bertambahnya penduduk dan lonjakan populasi manusia. Menciptakan kebutuhan hidup yang besar dalam waktu yang singkat, sehingga pada akhirnya berkat kemajuan berpikir manusia dan hasrat ingin menciptakan sesuatu dalam jumlah yang besar dalam waktu yang singkat lahirlah revolusi industri pertama di inggris sekitar tahun 1700 an dengan di temukannya mesin uap untuk pertama kalinya. Barulah beberapa tahun kemudian kehidupan manusia menuju peradaban yang baru dimana terjadinya perubahan besar besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi. Dan menyebar dari britania raya ke seluruh dunia.

  Hingga pada hari ini hampir seluruh manusia tidak bisa terlepas dari imbas perkembangan industri, masyarakat dan manusia kini hidup beralaskan hasil produk produk industri. Meskipun begitu, bukankah hakikat hadirnya industri untuk menciptakan kehidupan manusia menjadi lebih mudah? Apakah agan agan disini sudah pernah menonton video dokumnter Sexy Killer yang booming beberapa waktu kemarin? Dari video tersebut setidaknya penonton dapat mengambil kesimpulan dari salah satu sudut pandang ketidakmampuan atau keserakahan manusia dalam mengelola sebuah sistem industri. Yang berakibat fatal terhadap keadaan lingkungan dan sosial.

   Padahal kita tahu teknologi yang digunakan dalam video tersebut masih berkutat dalam tahapan revolusi industri 2 – 3. Bagaimana jika perkembangan revolusi indutri 4 sudah massiv dan manusia yang memegang control justru masih di perbudak oleh keserakahan? Apakah akan ada artificial intelligen seperti robot robot yang dikendalikan sebuah perusahaan berkeliaran di tengah masyarakat, atau polisi berbentuk robot berkeliaran ditengah masyarakat seperti di film Chappie dan Ellysium? Dan bagaimana jika semua robot robot tersebut di hack dengan tujuan keuntungan kelompok tertentu. Oke, mungkin itu adalah imajinasi ane yang terlalu berlebihan membayangkan apa yang akan terjadi di masa depan seperti di film film tersebut.

Revolusi Industry 4.0, Apakah kamu siap?

     Sekarang sejatinya kita sudah mulai memasuki revolusi industry 4.0. mungkin banyak orang masih bingung apa itu revolusi industry 4.0? Jawaban yang ane temukan dari Wikipedia adalah "keadaan industri abad ke-21 saat perubahan besar-besaran di berbagai bidang lewat perpaduan teknologi yang mengurangi sekat-sekat antara dunia fisik, digital, dan biologi  Revolusi ini ditandai dengan kemajuan teknologi dalam berbagai bidang, khususnya kecerdasan buatanrobotblockchainteknologi nanokomputer kuantumbioteknologiInternet of Thingspercetakan 3D, dan kendaraan tanpa awak.

Sebagaimana revolusi terdahulu, revolusi industri 4.0 berpotensi meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh dunia. Namun, kemajuan di bidang otomatisasi dan kecerdasan buatan telah menimbulkan kekhawatiran bahwa mesin-mesin suatu hari akan mengambil alih pekerjaan manusia. Selain itu, revolusi-revolusi sebelumnya masih dapat menghasilkan lapangan kerja baru untuk menggantikan pekerjaan yang diambil alih oleh mesin, sementara kali ini kemajuan kecerdasan buatan dan otomatisasi dapat menggantikan tenaga kerja manusia secara keseluruhan yang digantikan oleh teknologi dan robotic".

Revolusi Industry 4.0, Apakah kamu siap?

      Seperti sebuah pisau bermata dua, perkembangan industry selalu mengambil tumbal untuk kemajuan sebuah teknologi yang memudahkan hidup manusia. Selalu ada korban untuk kemajuan besar. Sudah banyak artikel dan thread di kaskus yang membahas tentang dampak negatif dari revolusi industry 4.0 terhadap tatanan sosial kehidupan bermasyarakat.Jika kita telah menyadari dari sekarang maka tidak ada salahnya kita mulai memperluas pengetahuan, menambah skill, dan memperkuat mental untuk menghadapi kompetisi revolusi indutsri 4.0 dimasa yang akan datang terutama untukmu wahai para Pemuda Indonesia.


[spoiler=Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Revolu...dustri_Keempat [url]https://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri][/url][/spoiler]
https://id.wikipedia.org/wiki/Revolu...dustri_Keempathttps://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri:

Spoiler for spoiler:

Hari ini 14:45

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

profile-picture
Aktivis Kaskus Posts: 572


SILAKAN KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL ASLINYA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel