Ikan Bergerigi Mirip Manusia? Inilah 5 Hewan Mengerikan Penguasa Sungai Amazon


Sungai Amazon merupakan sungai terbesar di dunia yang membentang di dalam lebatnya hutan Amazon.

Berbagai macam hewan dan tumbuhan dapat hidup dan berkembang di dalamnya, sebut saja hewan-hewan mematikan seperti jaguar dan katak beracun.

Seperti yang dilansir dari sumber youtube.com/EpicVice (12/02/2018) berikut ini adalah 5 hewan mematikan dan tentu saja harus kalian hindari jika sedang melalui sungai Amazon.


5. Caiman hitam


Referensi pihak ketiga
Caiman hitam merupakan hewan sebangsa buaya yang ukurannya mencapai 4 meter sehingga sering disebut buaya bersteroid.

Dengan ukuran sebesar ini, tentu saja caiman hitam lebih besar daripada aligator dan seluruh predator lain yang ada di sungai Amazon.

Ini artinya caiman hitam dapat dinobatkan menjadi raja di sungai Amazon dan dapat dengan mudah memangsa makhluk hidup di sekitarnya.

Seorang ahli biologi bernama East Nishimura pernah diserang caiman hitam pada tahun 2010 sehingga harus kehilangan kakinya.

4. Anaconda hijau


Referensi pihak ketiga
Anaconda adalah ular terbesar di dunia dan tinggal menetap di sungai Amazon. Jika dibandingkan dengan ular piton, sebenarnya anaconda masih kalah panjang tapi ukuran anaconda hijau jauh lebih besar.

Untuk anaconda hijau betina, berat badannya bisa mencapai 200 kilogram dengan panjang hampir 9 meter dan diamternya mencapai 30 cm.

Ular anaconda hijau membunuh mangsanya tidak menggunakan bisa mematikan, melainkan dengan lilitannya yang membuat tulang korbannya menjadi remuk seketika.

3. Laba-laba genta penyelam


Referensi pihak ketiga
Laba-laba genta atau laba-laba air adalah satu-satunya jenis laba-laba di dunia yang tinggal di dalam air.

Cara bernafas laba-laba ini sangat unik, yaitu dengan membentuk gelembung udara. Pada jangka waktu tertentu, laba-laba ini harus ke permukaan air untuk mengisi ulang persediaan udara di gelembungnya.

Laba-laba ini memakai racunnya untuk melumpuhkan dan memecah jaringan tubuh mangsanya. Sehingga jaringan tubuh mangsanya berubah menjadi cair dan bisa dihisap oleh laba-laba.

Ukuran laba-laba jantan lebih besar daripada laba-laba betina karena laba-laba jantan merupakan pemburu mangsa yang handal.

2. Arapaima Gigas


Referensi pihak ketiga
Arapaima juga sering dikenal sebagai Paiche atau Pirarucu yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia.

Binatang dengan panjang mencapai 3 meter dan berat 200 kg ini hidup di kawasan Amazon dan danau di sekitarnya.

Dalam ukuran kecil, arapaima sering digunakan sebagai ikan hias karena bentuknya yang mirip dengan arwana.

Bukan hanya memiliki gigi yang tajam dan kuat, lidah ikan arapaima juga memiliki gigi-gigi yang sangat runcing dan siap melumat habis mangsanya.

1. Ikan payara


Referensi pihak ketiga
Ikan ini seringkali disebut sebagai "si vampir air tawar" karena memiliki gigi yang mirip dengan gigi vampir seperti di film-film.

Panjang ikan payara dapat mencapai 1,2 meter dengan gigi vampir yang memanjang hingga 15 cm.

Gigi vampir inilah yang digunakan untuk melumpuhkan mangsa payara hingga mati lalu payara akan memakan dagingnya.

Gigi payara tumbuh dari rahang bawahnya, sedangkan di rahang atas ada semacam lubang tempat gigi sehingga gigi itu tidak melukai dirinya sendiri.



Itulah tadi 5 hewan mematikan dan tentu saja harus kalian hindari jika sedang melalui sungai Amazon. Dari kelima hewan di atas tadi, kira-kira menurut kalian hewan mana yang paling mengerikan?

Jangan lupa juga untuk memberikan komentar kalian di bawah, jika kalian mempunyai referensi unik dan pembahasan menarik lainnya dalam bidang sains dan ilmu pengetahuan.


Referensi:

1. YouTube Channel Epic Vice

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel