69 hari terperangkap dikedalaman 800 meter dibawah tanah? Salut buat tim penyelamat.





#CERITAKITAUNTUKSELAMANYA :malu:

Quote:


Katanya ada aturan yang bilang kalau pencarian orang-orang yang hilang akibat bencan itu minimal 5 - 7 hari. Pertimbangan ini diambil karena korban bisa aja kekurangan air minum, mengalami kenaikan kadar karbon dioksida, dan mengalami tekanan psikologis dan gak akan bisa bertahan selama lebih dari 7 hari. Beberapa waktu lalu sempat viral upaya penyelamatan sekelompok anak anak di thailand dan ternyata upaya penyelamatan serupa juga pernah dilakukan beberapa waktu lalu. Nih ulasannya.

Hidden Treasure Mine Shaft
United States




Pad tahun 1989 pernah ada sekelompok anak pramuka yang menjelajahi daerah tambang di dekat Salt Lake City. Salah satu anak bernama Joshua Dennis yang berumur 10 tahun terpisah bersama kelompoknya yang lain karena mengambil jalan keluar yang salah, akibatnya dia harus menghabiskan waktu 5 hari tertidur sendiri dalam area tambanv dengan mengisap 10 potongan kecil licorice.

Pada tahun 1989, sekelompok Pramuka menjelajahi tambang yang ditinggalkan dekat Salt Lake City. Joshua Dennis, yang baru berusia 10 tahun, terpisah dari ayahnya, pemimpin pramuka, dan anak-anak lainnya dengan mengambil jalan keluar yang salah. Dia menghabiskan lima hari tidur di birai dan mengisap 10 potongan kecil licorice sebelum akhirnya ditemukan tim penyelamat.

Sichuan Earthquake
China




Gempa besar melanda provinsi Sichuan China pada bulan Mei 2008. Banyak bangunan runtuh dan upaya penyelamatan terhambat karena keadaan daerah pegunungan yang sulit untuk dijangkau. Di kabupaten Beichuan yang dekat dengan pusat gempa, seorang pria bernama Li mingcui dan seorang wanita berusia 61 tahun ditemukan dibawah reruntuhan bekas bazaar setelah bertahan hidup selama7 hari. Keduanya menderita dehidrasi, rusak fungsi hati dan ginjal; patah tulang bahu dan rusuk, dan penyakit paru paru.

Wangjialing Coal Mine
China




Pada tahun 2010, para pekerja tambang batu bara WangJiangLing terperangkap selama 8 hari didalam tambang yang dibanjiri air 55 kali kolam olimpiade. 100 orang pekerja yang terjebak mengikat diri ke dinding sebuah tonggak agar tidak tenggelam ke air. Mereka terpaksa makan kertas, batu bara, kulit pohon dan minum air hitam dan keruh untuk bertahan hidup.

Tim penyelamat berusaha memompa air keluar dari terowongan dan ketika air surut mereka berhasil menggunakan rakit untuk menyelamatkan para penambang yang sudah menderita hipotermia, dehidrasi, infeksi kulit, syok, dan tekanan darah rendah.

Bam Earthquake
Iran




Shahrbanou Mazandarani, seorang wanita lanjut usia terjebak di bawah tumpukan kayu furnitur selama 8 hari setelah kota Bam dilanda gempa bumi pada tahun 2004. Tim penyelamat sudah menyerah karena tidak ada yang bisa selamat dibawah reruntuhan selama lebih dari 3 hari. Wanita ini baru ditemukan setelah keberadaannya diketahui oleh anjing pelacak. Tim penuelamat awalnya mengira tangan wanita ini adalah tangan mayar yang mencuat keluar reruntuhan.

Deep Lark Mine
United States




William Jones, menghabiskan waktu selama 9 hari dilongsoran salju yang menjebaknya sejauh 8 km dibawah tanah. Tim penyelamat melakukan berbagai macam upaya dilakukan untuk menggali rute penyelamatan namun gagal. Akhirny dia ditarik melalui lubang selebar 60 cm

Port-au-Prince Earthquake
Haiti




Wismond Exantus ditemukan beberapa jam setelah PBB menyatakan mengakhiri proses pencarian dan penyelamatan korban di gempa haiti tahun 2010. Sebelumnya dia terjebak di bawah reruntuhan hotel napoli dan selamat karena banyak kue, bir, dan coca cola di rak makanan. Saudara laki lakinya tetap beranggapan kalau wismond selamat dan bilang kalau dia mendengar teriakan minta tolong dihotel. Wismond pun akhirnya diselamatkan dengan proses penggalian beton menggunakan bor dan gergaji dan wismond harus keluar dengan merangkak melalui celah yang hanya selebar bahunya.

Tangshan Earthquake
China




Lebih dari 200 ribu orang tewas dalam gempa bumi di Tangshan tahun 1976. Upaya penyelamatan tertunda beberapa hari dan tanpa bantuan alat berat. Selain itu upaya penyelamatan juga terhambat oleh gempa susulan dan hujan lebat. Pada hari ke 13, lu guilan seorang anak kecil yang berumur 4 tahun ditemukan selamat setelah meminum air kencingnya sendiri dan meminum air hujan yang merembes melalui celah retakan. Butuh waktu 7 jam sebelum akhirnya Lu berhasil diselamatkan.

Beaconsfield Gold Mine
Australia




Pada tahun 2006, dua penambang Tasmania, Brant Webb dan Todd Russell, terperangkap di dalam tambang selama 14 hari setelah gempa bumi menyebabkan runtuhnya bebatuan dibawah tanah. 5 hari setelah gempa, kamera termal menemukan mereka berada di 800 m dibawah tanah dan selamat dengan makan sereal dan menjilati air dari batu. Pipa sepanjang 12 meter disediakan untuk mengirim makanan. Proses penggalian melibatkan bahan peledak, pemecah batu, dan bor.

Pingyi County Gypsum Mine
China




Pada 25 Desember 2015, lapisan di lubang tambang gipsum Shandong runtuh dan menyisakan 4 penambang berada dikedalaman 200 meter dibawah tanah selama 36 hari. 5 hari setelah runtuh, kamera mendeteksi keberadaan mereka disebuah ruangan dengan luas 0. 7m persegi. Mereka harus bertahan hidup selama 2 minggu sebelum tim penyelamat berhasil menggali untuk mengirim makanan, pakaian, dan lampu. Mereka berhasil diselamatkan dengan menggulingkannya melalui kapsul kecil.

San Jose Copper Mine
Chile




Pada tahun 2010, 33 penambang tembaga Chili terperangkap 800 meter dibawah tanah selama 69 hari. Mereka berhasil selamat dengan menghabiskan persediaan tuna, susu, dan biskuit. Tim eksplorasi menemukan mereka letika ada sebuah potongan bor yang bertuliskan mereka masih selamat ditemukan ditempat bencana. Asupan makanan segera dikirim dan mereka selamat menggunakan teknologi kapsul terbaru dari NASA yang dilengkapi oksigen dan alat komunikasi setelah proses pengeboran selama berminggu minggu tidak menunjukkan hasil


Quote:









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel